Wednesday, August 28, 2013

Persija Jakarta & Persib Bandung Sama Kuat Di Sleman

Emmanuel Kenmogne - Persija (GOAL.com/Abi Yazid)


Persija Jakarta dan Persib Bandung berbagi angka pada laga usiran di Stadion Maguwoharjo, Sleman, setelah kedua tim bermain imbang 1-1.

Persija yang bertindak sebagai tuan rumah di laga tersebut berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol Muhammad Ilham, namun Persib berhasil memaksa skuat asuhan Benny Dollo puas dengan satu angka setelah Sergio van Dijk mencetak gol penyama kedudukan di babak kedua, berkat kesalahan fatal Ngurah Nanak yang salah mengoper bola di kotak penalti.

Dengan hasil imbang tersebut, Persija tertahan di posisi kesepuluh klasemen sementara Indonesia Super League (ISL), sementara Persib merangsek ke posisi dua menggusur Arema Indonesia, namun dengan jumlah dua pertandingan lebih banyak.

Babak Pertama

Kedua tim memainkan permainan dengan tempo sedang di sepuluh menit babak pertama, Persija dan Persib tampak hati-hati dalam membangun serangan ke area pertahanan lawan.

Persija mendapatkan peluang emas terlebih dahulu di menit ke-11, memanfaatkan skema tendangan penjuru, Amarzukih yang berdiri di luar kotak penalti melepaskan tembakan usai mendapat umpan dari rekannya, namun sayang bola masih membentur mistar gawang.

Empat menit kemudian, Persib membalas melalui peluang Sergio van Dijk memanfaatkan umpan silang Supardi, tetapi tandukannya masih melayang jauh di atas mistar. Pertandingan mulai berjalan menarik, tetapi kemudian laga terpaksa dihentikan karena ada keributan suporter.

Setelah lebih dari 30 menit terhenti, pertandingan kembali dimulai. Persija lebih mampu menangkap momentum pertandingan, di menit ke-23, M. Ilham berhasil menjebol gawang yang dikawal I Made Wirawan melalui tendangan dari luar kotak penalti setelah bola berbelok arah karena membentur Naser Al Sebai.

Persib berusaha mencari gol penyama kedudukan, Van Dijk hampir berhasil mengelabui perangkap off-side Persija di menit ke-40, tetapi reflek cepat Andritany membuat striker naturalisasi itu gagal mengontrol bola.

Dua menit kemudian, Persib hampir menjebol gawang Persija melalui sebuah kemelut usai tendangan penjuru. Mbida Messi, yang berada tepat di depan gawang, mendapatkan bola liar, dengan sekali sontek, bola melewati Andritany namun beruntung Ismed Sofyan berada di bawah gawang untuk menghalau bola. Kedudukan 1-0 akhirnya bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Tidak seperti paruh pertama, babak kedua berjalan dengan tempo cepat sejak awal. Baru dua menit berjalan, Pacho hampir mencetak gol untuk Persija melalui sontekannya yang masih sedikit melebar. Persib langsung membalas berselang dua menit, berawal dari tendangan penjuru, tangkapan Andritany lepas dan ditanduk Abanda, namun sayang bola melebar tipis.

Beberapa saat kemudian, pertandingan dihentikan sejenak karena Ismed Sofyan mendapatkan lemparan-lemparan ketika akan melakukan tendangan penjuru. Setelah laga berlanjut, M. Ilham kembali hampir memanfaatkan momentum selepas laga terhenti, tetapi kali ini tembakannya masih melenceng tipis.

Pada menit ke-69, Persija kembali mengancam gawang Persib, aksi individu Pugliara sukses mengecoh Abanda dan kemudian melepas tembakan yang masih dapat dihalau dengan susah payah oleh I Made Wirawan.

Persib yang terus berusaha menyamakan kedudukan, akhirnya berhasil menuntaskannya di menit ke-72. Berawal dari umpan silang Ridwan yang salah diantisipasi oleh Nanak, bola mengarah kepada Van Dijk yang berdiri bebas dan dengan tanpa kesalahan ia sukses mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Persib yang menjadi percaya diri terus menguasai permainan, skuat asuhan Djajang Nurjaman hampir berbalik unggul di menit ke-79 melalui tembakan keras Ridwan di kotak penalti, namun Andritany dengan gemilang mampu mematahkannya. Pertandingan akhirnya disudahi oleh wasit dengan skor sama kuat 1-1.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Andrytani; Fabiano, Ismed, Alfarizi; Amarzuki, Ferry Komul, M Ilham, Defri Rizky; Robertino, Kenmogne

Persib Bandung: Made; Abanda, Naser, Tony, Supardi; Hariono, Asri, M Ridwan; Messi, Sergio, Kenji

No comments

© KATABANGJAKA