Sunday, September 22, 2013

Southampton Tekuk Liverpool Di Anfild

 Liverpool gagal memetik poin di kandang sendiri kala menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (21/9).

Steven Gerrard Liverpool EPL
Gerrad mengambil tendangan bebas

Pasca hasil negatif yang ditorehkan Liverpool kala menghadapi Swansea City pekan lalu, The Reds malah mengalami kekalahan pertamanya musim ini atas Southampton di Anfield, Sabtu (21/9).

Alih-alih ingin mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen, The Reds kehabisan akal untuk menembus pertahanan kokoh yang ditampilkan tim asuhan Mauricio Pochettino, sepanjang jalannya laga. Soton akhirnya berhasil unggul tipis 1-0 di akhir pertandingan.

Babak Pertama
Liverpool memulai babak pertama dengan baik, mereka sanggup meraih kendali laga atas Southampton. Duet bek Daniel Agger dan Martin Skrtel untuk pertama kalinya tampil sejak 16 Maret lalu. Uniknya lawan yang mereka hadapi sama dengan pertandingan terakhir kala keduanya berduet sejak menit awal. Luis Suarez yang belum bisa bermain juga terlihat di tribun Anfield.

Brendan Rodgers memainkan skema yang agak berbeda, kesemua bek yang dimainkan dalam posisi empat bek sejajar berposisi asli sebagai bek tengah. Kolo Toure dan Mamadou Sakho jadi pingisi pos fullback kanan dan kiri. Cukup efektif, karena di babak pertama duet Soton, Pablo Osvaldo dan Rickie Lambert, terbatasi ruang geraknya. Peluang yang dihasilkan tim tamu amat sedikit.

Si Merah beberapa kali menebar ancaman ke gawang kawalan Arthur Boruc sejak laga dimulai. Peluang pertama diperoleh sang kapten Steven Gerrard pada menit ke 21. Tendangan bebasnya dari jarak 25 yard, masih mampu dibendung oleh mantan kiper Fiorentina tersebut.

Berturut-turut peluang kembali datang melalui kaki Daniel Sturridge dan Victor Moses. Namun sayang, tendangan nama pertama masih tipis di atas mistar gawang, sementara sepakan jarak dekat Moses masih mampu dihalau Boruc. Skor imbang kacamata akhirnya bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua
Babak penentuan dimulai, kembali Liverpool menguasai jalannya laga. Mereka tak ingin 'hanya' memperoleh satu poin di rumah sendiri. Sementara The Saint sesekali coba mencuri peluang lewat duet Osvaldo dan Lambert.

Kejutan terjadi, tanpa diduga Southampton berhasil meraih keunggulan! Adalah bek anyar mereka, Dejan Lovren, yang jadi protagonis. Ia menanduk masuk bola dengan sempurna ke gawang Simon Mignolet, hasil sepak pojok Adam Lallana pada menit ke 53.

The Reds coba bangkit dengan mengandalkan serangan lewat kedua sayap mereka, sayang hasilnya masih nihil. Rodgers terus menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain dengan operan pendek demi menjaga penguasaan bola, sekaligus berusaha membangun serangan. Beberapa kali shot on target dilakukan, terutama lewat eksekusi Gerrard. Sayang, ini merupakan harinya Boruc, ia tampil begitu istimewa.

Peluang menggandakan keadaan malah didapat Soton pada menit 67. Si pemain pengganti Steve Davis melakukan solo run dan melepaskan tembakan ke gawang Liverpool, giliran Mignolet yang melakukan penyelamatan krusial.

Coutinho, Sturridge dan Luis Alberto silih berganti memperoleh peluang untuk menyamakan kedudukan, sayang gol yang dinanti tak kunjung hadir. Kokohnya petahanan Soton, akhirnya tak mampu ditembus para punggawa Si Merah hingga peluit panjang dibunyikan. Skor 1-0 bagi kunggulan tim tamu.

Susunan Pemain

Liverpool: Mignolet; Toure, Sakho, Agger, Skrtel; Lucas, Henderson, Gerrard, Aspas, Moses; Sturridge
Southampton: Boruc; Clyne, Fonte, Lovren, Shaw; Wanyama, Schneiderlin, Lallana, Rodriguez; Lambert, Osvaldo

No comments

© KATABANGJAKA