Tuesday, September 24, 2013

Sering Dimainkan, Pemain-pemain Muda Persija Jakarta Miliki Potensi

Sering Dimainkan, Pemain-pemain Muda Persija Jakarta Miliki Potensi
 
Zakaria_news - Kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, bisa dibilang musim yang buruk bagi Persija Jakarta. Akan tetapi, tetap ada hal positif yang bisa diambil tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut di musim ini. Dimana pemain-pemain muda Persija sudah bisa diandalkan.
Finis diperingkat ke- 11 klasemen akhir ISL dengan koleksi 42 poin, adalah pencapaian terburuk Persija dalam lima musim terakhir. Pecapaian tersebut menjadi yang terburuk, setelah musim terburuk Persija dalam lima musim terakhir di ISL terjadi pada periode 2008/2009. Dimana saat itu, tim Macan Kemayoran hanya mampu duduk diperingkat ketujuh klasemen akhir.
Musim terburuk Persija di musim ini, tidak hanya dilihat dari klasemen akhir ISL. Akan tetapi, jumlah kekalahan terbanyak yang terjadi di musim ini juga jadi salah satu indikatornya. Di musim ini, Persija mengalami 16 kali kekalahan. Dimana jumlah kekalahan tersebut, menjadi yang terburuk dalam lima musim terakhir setelah di musim 2008/2009 Persija mengalami 11 kali kekalahan.
Anjloknya performa Persija, memang sudah mulai diprediksi banyak pihak. Malahan saat Ismed Sofyan dkk, belum memulai kompetisi ISL di tahun ini. Setelah faktor finansial yang menghantam klub berkostum orange tersebut, membuat Persija banyak ditinggal para pemain pentingnya.
Adapun beberapa nama diantaranya yang akhirnya meninggalkan Persija diantaranya seperti sang ikon Bambang ‘Bepe’ Pamungkas. Bepe yang juga jadi kapten Persija saat itu, memilih mundur dan tidak ikut berkompetisi. Selain Bepe, ada Ramdani Lestaluhu yang hijrah ke Sriwijaya FC (SFC), Hasim Kipuw yang hengkang ke Arema Crounus, dan Leo Saputra yang memilih berganti kostum ke Persita Tanggerang.
Ditinggal beberapa pemain penting, Persija pun hanya bisa mengandalkan pemain-pemain muda. Hasilnya, Persija menjadi langganan papan bawah ISL. Sampai akhirnya sedikit demi sedikit merangkak naik, setelah adanya pergantian pelatih dari Iwan Setiawan ke Benny Dollo. Dan ditambah masuknya pilar-pilar baru pada putaran kedua ISL seperti Emmanuel Kenmogne, Ahmad Alfarizi, M. Ilham, dan Rohid Chan.
Walau banyak ditempati pemain-pemain muda yang minim pengalaman, ternyata ada hal positif yang bisa dipetik. Hal itu pun disadari asisten pelatih Macan Kemayoran, Blitz Tarigan. Mantan juru taktik Deltras Sidoarjo tersebut menyatakan, jika pemain-pemain muda Persija seperti Defri Rizki, Syahrizal, Fery Komul, Rudi Setiawan, Syahroni akan jadi pemain masa depan Persija di waktu yang akan datang.
“Kami merasa cukup puas dengan bagaimana kinerja para pemain muda Persija yang ada saat ini. Mereka memang awalnya minim pengalaman bertanding di kompetisi papan atas Indonesia seperti Indonesia Super League, tapi saya yakin jika mereka memiliki prospek yang baik di masa yang akan datang,” ungkap Blitz.
[sumber.http://liga-indonesia.info]

No comments

© KATABANGJAKA