10 Peristiwa Pertama Dalam Dunia Otomotif
Do you like this story?
PAGI itu Udin hendak 
menemui kliennya di tempat yang sudah disepakati. Sial, Udin bangun agak
 telat. Segera dia bergegas memacu mobilnya. Udin terpaksa ambil jalan 
pintas, memasuki gang-gang sempit dan melalui ‘jalan-jalan tikus’ agar 
cepat tiba di tujuan. Walau sempat mengabaikan beberapa rambu lalu 
lintas akhirnya dia sampai juga menemui klien tepat waktu. Nah, jika 
saja sekitar seabad yang lalu Karl Benz maupun Gottlieb Daimler tidak 
menemukan mobil, mungkin si Udin tak akan seberuntung ini. Sudah pasti 
Udin (dan juga kita!) patut berterima kasih kepada Benz, Daimler dan 
beberapa orang/institusi di bawah ini yang telah menjadi pionir dalam 
dunia otomotif.
1. Mobil berbahan bakar minyak pertama
![]()  | 
| Motorwagen 1885 | 
Tahun 1885, Karl Benz membangun Motorwagen,
 sebuah mobil bermesin empat langkah dengan bahan bakar bensin. Benz 
juga merupakan penemu dari komponen mobil seperti pengapian mobil, busi,
 sistem transmisi mobil, radiator air dan karburator. Walaupun pada saat
 yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan dengan Wilhelm Maybach
 juga telah berhasil membuat mobil berbahan bakar bensin tapi Benz 
terlebih dahulu menyelesaikan penemuan bersejarah ini dan mematenkan 
mobil karyanya pada 1886. 
2. Mobil produksi masal pertama
![]()  | 
| Curved Dash 1901 | 
Produksi mobil secara masal pertama kali terjadi di Amerika Serikat (AS). Mobil yang diproduksi masal itu adalah Curved Dash dari perusahaan Oldsmobile.
 Sebanyak 10 atau lebih mobil diproduksi dalam waktu seminggu sejak 
April 1901. Di akhir tahun tersebut jumlah mobil yang diproduksi 
mencapai 403 unit dan meningkat jadi 5.508 unit di tiga tahun 
selanjutnya. Mobil produksi masal tersebut saat  itu dibanderol 650 
dolar AS per unit. 
3. Sepeda motor pertama
![]()  | 
| Motor komersil pertama (kiri) dan motor Reitwagen (kanan) | 
Sepeda motor pertama 
dibuat pada tahun 1885, oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, dua 
pakar mesin empat langkah Jerman. Mereka menyebut kendaraan penemuannya 
ini dengan nama “Reitwagen” (mobil tunggangan). Sayangnya motor ini 
tidak dijual untuk umum. Tahun 1893, Henry dan Wilhelm Hildebrand 
mengembangkan sepeda motor mereka bekerja sama dengan Alois Wolfmuller 
dan mekaniknya, Hans Geisenhof. Sepeda motor ini adalah yang pertama 
dijual untuk umum. Motor ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat 
ini masih dipakai seperti mesin silinder ganda kembar (twin cylinders) 
berpendingin air, empat langkah dengan kapasitas 1.488cc. Walau bermesin
 besar, ternyata tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5 horse power (hp) 
saja pada 240 rpm. Kecepatan maksimal yang bisa diraih adalah 30 mil/jam
 atau sekitar 48 km/jam.
4. Sarana hiburan mobil pertama
![]()  | 
| Radio pertama dipasang di mobil Ford Model-T 1922. | 
Saat ini sarana 
hiburan yang bisa dipasang di mobil sudah bermacam-macam jenisnya. Ada 
TV, pemutar music, konsol game, bahkan lemari es! Namun di masa-masa 
awal sarana yang tersedia hanya terbatas. Mei 1922, pelajar George 
Frost, ketua perkumpulan pecinta radio sebuah SMA di AS pada masa itu, 
memasang radio transistor di mobil Ford Model-T miliknya. Inilah sarana 
hiburan pertama 
yang terpasang di mobil. Pada November tahun itu juga, sebuah radio 
transistor dipasang di mobil limusin Daimler oleh perusahaan radio 
Marconi yang menjadikannya mobil kedua di dunia yang memiliki sarana 
hiburan. 
5. Pelat nomor kendaraan pertama
Plat nomor kendaraan pertama kali 
diperkenalkan di Perancis oleh Kepolisian Kota Paris pada 14 Agustus 
1893 dalam sebuah peraturan yang berbunyi: “Setiap kendaraan bermotor 
harus memasang sebuah plat besi yang mencantumkan nama dan alamat 
pemilik kendaraan, serta nomor khusus. Plat besi ini dipasang di sisi 
kiri mobil dan harus jelas terlihat.” Pada 30 September 1901, peraturan 
bersejarah ini diterapkan di seluruh Perancis. 
6. Mobil pertama yang dicuri
![]()  | 
| Model mobil Peugeot 1896 yang dicuri. | 
Kasus pencurian kendaraan bermotor pertama kali terjadi di Paris, Perancis pada Juni 1896. Ketika itu, mobil Peugeot
 milik Baron de Zuylen dicuri oleh montir di bengkel tempat servis 
kendaraan langganannya. Karena saat itu jumlah mobil mungkin masih bisa 
dihitung dengan jari, maka tak lama kemudian mobil beserta pencurinya 
berhasil dibekuk. 
7. Kecelakaan maut pertama
| Mobil model Benz 1896 yang merenggut nyawa orang pertama kali. | 
Entah sudah berapa 
banyak nyawa melayang akibat kecelakaan kendaraan bermotor. Pada 17 
Agustus 1896, Bridget Driscoll of Croydon sedang menyeberangi jalan di 
Crystal Palace, London. Tak disangka, muncul mobil Roger-Benz 
berkecepatan 6,4 km/jam yang dikendarai Arthur Edsell. Malang bagi 
Briscoll, karena panik dia hanya terpaku diam di tengah jalan dan brakkk…!!! nyawa Driscoll melayang dan ini tercatat sebagai kecelakaan maut kendaraan bermotor pertama di dunia. 
8. Lampu dan rambu lalu lintas pertama
- Lampu lalu lintas (traffic light) 
pertama kali diperkenalkan di Inggris pada 10 Desember 1868 yang 
dipasang Kepolisian Kota London di dekat gedung parlemen Inggris. Tujuan
 pemasangan dimaksudkan untuk memudahkan para anggota parlemen yang akan
 memasuki gedung kantornya. Lampu lalu lintas ini berbentuk serupa 
lentera yang terdiri dari dua tanda warna: merah dan hijau. Sayang 
penggunaan lampu lalu lintas ini tidak begitu populer dan banyak dicibir
 masyarakat Inggris. Lampu tersebut adalah lampu lalu lintas 
satu-satunya di Inggris sampai tahun 1872. Sejak itu, traffic light ditiadakan dan baru diperkenalkan kembali di Inggris 50 tahun kemudian. 
![]()  | 
| Model rambu lalu lintas pertama yang masih digunakan hingga saat ini. | 
- Rambu lalu lintas 
pertama dipasang di Inggris pada Desember 1879. Rambu yang dipasang oleh
 Komunitas Sepeda Inggris ini berbentuk plat besi yang dipancang di 
tiang kayu ditulisi peringatan: “Kepada para pengendara sepeda: Bukit 
ini berbahaya”. Tahun 1901, rambu lalu lintas khusus untuk pengendara 
mobil dipasang di Gloucester, Inggris. Rambu lalu lintas pertama 
berstandar internasional berbentuk plat besi segitiga dibuat di Perancis
 pada 1909. 
9. Balapan mobil pertama
![]()  | 
| Mobil Peugeot 3 tenaga kuda yang jadi juara balap mobil pertama di dunia. | 
Tahun 1894, majalah Le Petit Journal menyelenggarakan Competition for Horeseless Carriages
 (lomba kendaraan yang tidak ditarik kuda). Lomba ini adalah lomba 
balapan mobil pertama di dunia. Para peserta lomba terlebih dulu 
mengikuti kualifikasi awal sejauh 50 km, setelah itu dilanjutkan lomba 
utama yang berjarak 127 km. Bendera start dikibarkan di kota Paris dan finish di Kota Rouen di Perancis. Para kontestan berasal dari produsen mobil yang serius seperti Peugeot, Panhard atau De Dion hingga amatiran dan hanya 25 mobil yang lolos kualifikasi. Jules-Albert de Dion menjadi yang pertama finish
 di Rouen dengan catatan waktu 6 jam 48 menit dengan kecepatan rata-rata
 19 km/jam. Dia finish 3 menit 30 detik di depan Georges Lemaître 
(Peugeot), diikuti Doriot (Peugeot) dengan waktu lebih 16 menit 30 
detik, René Panhard (Panhard) 33 menit 30 detik lebih lambat dan Émile 
Levassor (Panhard) 55 menit 30 detik lebih lambat. Namun yang diakui 
sebagai pemenang resmi adalah Peugeot dan Panhard yang dinilai 
berdasarkan karakteristik mereka dalam kecepatan, handling dan 
keselamatan. 
10. SPBU pertama
![]()  | 
| SPBU pertama di dunia. | 
SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum) pertama di dunia didirikan oleh perusahaan Automobile Gasoline Co.,
 di  St Louis, AS. pada 1905. Namun bentuk SPBU ini masih sederhana. 
Sedangkan SPBU yang fisik bangunannya banyak diadopsi oleh SPBU zaman 
sekarang (berkanopi) dioperasikan pertama kali oleh perusahaan Standard Oil of California di kota Seattle, AS pada 1907. 
+ Mobil pertama di Indonesia
Orang Indonesia pertama yang tercatat 
sebagai pemilik mobil adalah Pakubuwono ke X (PB X) dari Solo, pada 
tahun 1894. Mobilnya bermerk Benz, tipe Carl Benz tetapi di dapurpacu.com disebut sebagai Benz Phaeton, beroda empat. Ternyata waktu itupun untuk memiliki sebuah mobil harus indent,
 karena diperlukan waktu satu tahun persiapan pembuatannya. Tipe mobil 
yang dipesan ini memiliki banyak variasi dan dibuat sesuai dengan 
pesanan PB X. Adalah John.C.Potter seorang penjual mobil alias sales 
pertama di Indonesia mendapat kepercayaan untuk mengurusi pengirimannya 
dari Eropa. 
Hebatnya, kehadiran ini berarti hanya 
berselang delapan tahun setelah Karl Benz membuat mobilnya yang pertama,
 yang diakui sebagai mobil pertama di dunia. Mobil Benz Phaeton yang 
dipesan dari Eropa seharga 10.000 gulden  itu menyandang mesin 
1-silinder, 2,0 liter, bertenaga 5 hp, menggunakan roda kayu dan ban 
mati (ban tanpa udara), serta dapat memuat delapan orang. Masuknya mobil
 pertama ke Surakarta pada 1894, membuat Indonesia berada dua tahun di 
depan sang penjajah Belanda, yang baru menerima mobil pertamanya di Den 
Haag pada 1896. Indonesia memiliki mobil juga jauh lebih awal dari 
Thailand yang menerima mobil dengan merk Benz yang pertama, pada tanggal
 19 Desember 1904, mobil Benz bagi Raja Thailand Chulalongkorn (Rama V).
 Mobil itu dipesan  Duta Besar Thailand untuk Prancis dari 
Automobile-Union Paris milik Emil Jellinek yang terletak di 39 Avenue 
des Champs Elysees, Paris. 
Mobil Benz phaeton milik PB X terakhir
 terlihat di muka umum pada 1924, sewaktu mobil itu akan dikapalkan ke 
Belanda melalui pelabuhan Semarang untuk diikutsertakan dalam pameran 
mobil RAI. Tidak diketahui di mana keberadaan mobil tersebut sekarang, 
tapi mobil serupa bisa ditemukan di Museum Mobil Leidschendam, Belanda 
bagian selatan.[sumber] 
![]()  | 
| Model sepeda motor pertama yang hadir di Indonesia. | 
Probolinggo, sebuah kota pesisir di Jawa Timur, ternyata merupakan tempat hadirnya sepeda motor pertama di Indonesia. Sepeda motor
 telah hadir di Indonesia sejak tahun 1893 –atau 117 tahun yang lalu. 
Uniknya, walaupun pada saat itu Indonesia masih dibawah pendudukan 
Belanda, orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia bukanlah 
orang Belanda, melainkan orang Inggris. Adalah John C. Potter yang 
sehari-hari bekerja sebagai masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel, 
Probolinggo, Jawa Timur-lah yang memiliki sepeda motor pertama itu. 
Dalam buku Krèta Sètan (De Duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor tersebut dari pabriknya Hildebrand und Wolfműller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor pesanan Potter itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di Indonesa. Dan hal tersebutlah yang membuat Potter menjadi orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor









No comments
Post a Comment